Blogvertise

Support

Klik Disini

Rabu, 13 Mei 2009

Pengaruh buruk internet terhadap sebagian orang


Jaman yang serba canggih ini siapa sih yang gak tau internet?. Berbagai kemudahan untuk menjamah dunia internetpun di tawarkan mulai dari warnet, wifi gratisan, operator internet murah, pasang speedy di rumah dan lainnya.
Internet adalah perpustakaan tanpa batas yang memberi kemudahan bagi kita untuk mencari berbagai informasi dan pengetahuan yang belum kita ketahui. Ini sebabnya banyak orang tua yang memberi dukungan kepada anak-anak mereka untuk mencari pegetahuan dan berbagai informasi di internet.
Internet juga di anggap sebagai lahan emas oleh sebagian besar para Profesional. Yup… sudah menjadi rahasia umum banyak yang sukses dari internet (giliran gue kapan ya)

Akan tetapi berbagai kemudahan dan kecanggihan dunia internet itu juga bisa berdampak buruk bagi masyarakat kita terutama bagi para remaja.
Berbekal kecanggihan perangkat yang mereka miliki, sebagian remaja malah menghabiskan waktunya untuk mengakses internet.
Dan yang lebih parah lagi sampai-sampai ada yang tidak dapat membedakan antara kehidupan nyata dan alam maya.

Biasanya remaja yang selalu menghabiskan waktunya untuk chating dan bermain game online hampir bisa di pastikan mereka akan lebih cepat terpengaruh dampak buruk dari ke canggihan dunia internet.

Perhatiin gak kalau orang yang kecanduan game online atau chating itu sama parahnya dengan orang yang kecanduan ganja.
Ciri-ciri orang yang kecanduan internet sama orang yang kecanduan ganjapun sama. Hamper bisa di pastikan tak ada perbedaan.
Malahan orang yang kecanduan ganja bisa gemuk hehehe……

Berikut ini beberapa contoh persamaan antara kecanduan ganja dan kecanduan internet.

Internet: Selalu ingin sendiri menghabiskan waktunya bersama teman maya
Ganja: Selalu ingin sendiri menghabiskan waktu melamun

Internet: Linglung dan tidak konsen terhadap pekerjaan yang ada di otak Cuma online mulu
Ganja: linglung dan tidak konsen terhadap pekerjaan karena syaraf otak rusak

Internet: Suka menghayal beranggapan dunia maya adalah dunia nyata
Ganja: Suka menghayal beranggapan dunianya paling indah

Internet: mata merah dan lelah karena radiasi monitor
Ganja: mata merah dan lelah karena radiasi asap

Internet: Suka menjauh dari keramaian teman-teman dan berasa teman-teman maya lebih baik
Ganja: Suka menjauh dari keramaian karena melihat teman seperti melihat polisi :D

Internet: uang saku berkurang habis buat beli vocer/warnet
Ganja: Uang saku berkurang habis beli ganja dan tambul

Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi seandainya orang yang bersangkutan cepat menyadarinya.
Salah satu cara untuk menghindari pengaruh buruk terhadap kecanduan chating atau bermain game online adalah dengan bersosialisasi.
Ya… menurut hemat saya hanya dengan bersosialisasi maka pikiran kita tidak akan terbawa kea lam maya terus-terusan

Beberapa minggu yang lalu pernah ada seorang pecandu game online ayodance yang kerja dengan saya.
Saya selalu memperhatikan kebiasaan buruknya yaitu selalu suka menyendiri dan melamun(ntah apa yang di lamunin)
Biasanya setiap malam pulang kerja dia selalu menghabiskan waktunya di warnet hingga pagi menjelang(jam 7-8)

Karena kebiasaan buruknya itu, banyak pekerjaan yang berantakan.
Cemana gak berantakan… lah orang udah mulai kerja dia baru mulai tidur.
Sebelumnya saya tidak tau kalau si yaka ini pecandu game online ayodance.
Karena penasaran akhirnya saya menanyakan langsung sama dia sendiri.

Pas kondisi kerjaan yang agak sepi, sayapun mulai bertanya sama dia.

Edy: eh yaka semalam kau keluar sama siapa?
Yaka: sendirian bang
Edy: kemana kau rupanya pergi sendirian tiap malam sampai pagi
Yaka: Aku main ke warnet yang di samping rumah aku itu bang
Edy: Oh jadi tiap malam kau pulang ke rumahmu tidur ya?
Yaka: nggaklah bang, mana ada pintu masuk lagi ke rumah. Segan aku mau bangunin orang rumah
Edy: lah terus tidur di mana pulak kau?
Yaka: mana ada tidur aku, main game ajalah di warnet sampai pagi
Edy: game apa rupanya kok sampai tiap hari kau pulang pagi
Yaka: game ayodance bang. Asik gamenya bang… malah sudah ada beberapa teman aku yang sudah punya bini dari main game ayodance

Loh ini main game apa cari jodoh sih???? Akupun berpikir si yaka pasti sudah terlalu kecanduan neh. Bahkan untuk mencari pasangan hiduppun melalui game ayodance. Alamak……………
Sedang asik-asiknya ngobrol sama si yaka tiba-tiba banyak pelanggan datang dan kamipun meninggalkan pembicaraan…
Setelah semua pelanggan pergi, si yaka pun melanjutkan pembicaraan yang tadi.

Yaka: bang besok aku gak mau kerja lagi
Begitu kata pembukanya
Edy: emang kenapa rupanya? Kau udah ada job kerjaan lain ya?
Yaka: Iya bang.. tadinya aku piker kerja sama abang bias jadi sampingan
Edy: sampingan? Memangnya kau sudah ada kerjaan sebelumnya? Tapi kata mamakmu kau ganggur nya
Yaka: nggak lah bang…. Aku biasa kerja di warnet
Edy: oh jadi operator warnet?
Yaka: bukan jadi operator bang, aku di bayarin orang main game ayodance
Edy: Ah… sapa pulak yang mau bayarin kau main game? Ada-ada kau neh
Yaka: gini bang aku di bayarin sama orang 1juta untuk naikkan level dalam 1 minggu

Akupun mulai berpikir neh orang udah lebih parah menghayalnya dari orang yang kecanduan ganja….
Memang ada orang bodoh bayarin player dengan uang yang banyak untuk naikkan level segala macam. Mending juga di pembayar langsung bayarin GM nya sekalian.

Edy: emangnya kau kenal sama orangnya?
Yaka: gak kenal bang Cuma dia udah sering bayarin aku
Yaka: yang bayarin ini cewek bang, katanya bulan 5 ini dia mau ke medan ketemu aku
Edy: Halah pening aku tengok kau neh banyak menghayal….
Edy: ya udah nanti aku telepon budi aja biar kau di jemput dia
Yaka: Aku ada teman di warnet bang… kalau abang boleh dia mau kerja disini juga
Edy: nanti ajalah…Kalau teman mu sama candunya kek kau neh bias kaco dunia persilatan hahahahaha…

Nah ini adalah salah satu contoh dari sekian banyaknya pecandu game online yang dapat di kategorikan stadium 4
Bahkan mereka para pecandu sudah menganggap dunia maya sebagai dunia yang real bagi mereka. Dan menganggap kehidupan nyatanya tidak penting.
Jika saja para pecandu tidak segera menyadarinya ini akan berakibat fatal bagi masa depannya kelak.

Ternyata hal yang kita anggap baik tidak selamanya dapat bermanfaat baik bagi sebagian orang.
Tulisan ini saya buat hanya berdasarkan sudut pandang saya, dan selebihnya saya kembalikan kepada penilaian para pembaca masing-masing.





Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

19 komentar:

[+/-]Klik untuk tampil/sembunyi komentar

ITCOMMUNION on 14 Mei 2009 pukul 06.10 mengatakan...

Memang Internet itu bisa menguntungkan dan merugikan tergantung siapa yang memakai dan untuk apa internet itu dipakai, salam hangat dari ITCOMMUNION

alie on 14 Mei 2009 pukul 06.45 mengatakan...

Benar sekali apa yang mas Edy sampaikan, sy juga punya teman yang ketagihan main game online, ga tanggung-tanggung, setiap malam sampe pagi kerjaannya main game, malahan sy pernah lihat disambung lagi siang harinya, gimana ya cara ngatasinnya ?

Anonim mengatakan...

Namanya juga hidup bang, orang punya dunianya sendiri-sendiri, hehehe.

Anonim mengatakan...

wah tulisannya mengingatkan gw, tidak hanya maen game internet ini macam perpustakaan biasanya dia disebut kutu buku dan biasanya kutu buku itu culun kuper dll, soal ini dunia maya dan dunia nyata gw untuk sekrng sulit rasanya membedakan itu entah kenapa.. yg katanya dunia maya yg katanya tidak nyata tapi coba deh skrng setiap org aja punya blog pribadi, perusahaan punya website sendiri dan banyak banget yang menggunakan internet, terus kita akan gmn ?
douh oon deh aq..

Unknown on 14 Mei 2009 pukul 08.16 mengatakan...

good posting :D
ambil yg baik tinggalkan yg buruk.....

beat2ws on 14 Mei 2009 pukul 08.17 mengatakan...

Kalo aku mulai kecanduan fb.
Add FB saya: facebook.bi2t.com

kodil on 14 Mei 2009 pukul 08.42 mengatakan...

wakakakakaka...lucu x bang cerita...mantap bang

attayaya on 14 Mei 2009 pukul 11.56 mengatakan...

hmmmmmmmm harus pandai-pandai menggunakan internet dan komputer

Unknown on 14 Mei 2009 pukul 16.14 mengatakan...

Saya suka berinternet
tapi karena masih numpang sama ortu
jadi ya sebatas pas gak dipake aja
tapi lumayan juga berinternet ria
bisa kenal yang namanya Cinta Maya..
he..he

sohai on 14 Mei 2009 pukul 16.36 mengatakan...

salam kenal bro edy !!!
trims udah kunjungi blog saya...

andro_simar on 14 Mei 2009 pukul 20.09 mengatakan...

wew,, kren postingannya.. postingannya ngingetin aku sama kehidupanku dulu,, ya,, kira2 kayak anak yg tadilah,, malam bayar paket,, pulang pagi,, ngak kuliah,, malah pas dulu aku lebih ngutamain main game dari pada makan,,, Gila bukan ?? heheh,, tapi untung aja saya lgsung sadar dan berkomitmen untk ninggalin kehidpan buruk itu,, heheh,, just for share,, :D

sparkzspot on 14 Mei 2009 pukul 20.38 mengatakan...

Hi Friend.. Interesting post.. Do keep up the good work.. Visit my blog and post your comments.. Take care mate.. Cheers!

Yafeth on 15 Mei 2009 pukul 18.51 mengatakan...

Sebenarnya kecanduan ini bisa dikendalikan dengan membawa duit sedikit aja. Trus di kepala terus mengingatkan diri kalo uang yang dibawa sedikit, jadi nggak bisa untuk ngegame ato OL lama-lama. Kalo masih nekat main sampai overbudget ya salah sendiri. Ini dari pengalaman pribadi, sih :D

cahyadi on 15 Mei 2009 pukul 22.06 mengatakan...

Yang pasti, karena internet aku jadi kenal apa itu blog. Belajar bikin trus mulai ngisi dengan segala pernak-pernik dan tulisan.... sampe akhirnya aku jadi ketagihan karena pinginnya tiap hari buka internet, sekedar nglongok blok ato berkunjung ke blok teman dan corat-coret sekadarnya... mungkin ini positif tapi yang negatifnya... tagihan listrik di rumah jadi terus naik... wah... wah... wah...

edylaw on 16 Mei 2009 pukul 02.19 mengatakan...

@ITCOMMUNION memang benar mas, jika internet di salah pakai seperti pisau dapur yang dipakai motong sayur tapi kepotong sendiri

@alie gak ada cara lain untuk mengatasi kecanduan internet selain bersosialisasi dengan lingkungan

@keboaja masa mau hidup di dunai maya sih mas ntar makan listrik dan minum air aki dong hahaha

@kafein4u boleh berkunjung ke dunai maya tapi jangan lupa kembali ke dunia nyata mas, yang intinya dunia nyata adalah yang no.1

@admin di tinggalin di mana pak ? hahahaha

@beat2ws aku malah belum bikin FB takut kecanduan hahahaha

@kodil bah, lucu x(kali) banjir lah. hehehe

@Itik Bali emang cinta maya lebih bagus dari cinta nyata ya mbak? hehehe

@sohai salam kenal juga bro

@andro_simar wah bagus mas sudah sembuh dari para pecandu hehehe... emang hidup mesti punya prinsip mas baru bisa jadi Orang@Yafeth takutnya warnet langganan bisa hutang pulak wkwkwkwkwk

@cahyadi jika kita bisa mengontrol diri internet bisa jadi duit buat kita mas. jika tidak malah sebaliknya internet bisa menggerogoti duit kita hehehe

mwiy on 16 Mei 2009 pukul 12.36 mengatakan...

yang terpenting adalah jangan sampai kita menjadi orang yang lupa diri dan hendaknya dalam nge-net semua dalam batas yang wajar
oiya bagaimana efek buruk dan baiknya fb
kita tunggu postingannya ya ok

tiara on 16 Mei 2009 pukul 12.46 mengatakan...

aduh bangus banget...tapi bagaimana dengan kebijakan kepemimpinan bangssa ini tentang nge-net silahkan temukan dalam blog kami

edylaw on 16 Mei 2009 pukul 17.34 mengatakan...

@mwiy Beneran yang penting kita bisa menguasai diri. menurut sejumlah orang fb juga gak kalah besar pengaruh buruknya pada para mahasiswa :D biasanya bisa belajar 12 jam jadinya belajar 2jam. sisa 10 jam di pake buat upload foto di FB :P

@tiara Para pemimpin kayaknya mesti buat peraturan khusus neh di UUD hehehehe

endar on 21 Mei 2009 pukul 19.36 mengatakan...

kayak saya mas kecanduan internet.. kemanapun pergi harus teredia internet kalau nggak ada internet sakau hehehe


[+/-]Show or Hide Comments

Posting Komentar

Silahkan Memberi komentar, saran, kritik, keripik, caci maki dan lainnya. Tapi jangan Permalukan harga diri dengan spam komentar.

 

Copyright 2008 by edylaw blog | themes by One 4 All